Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
weize

Ketahui penyebab luka lama sembuh

Ketahui penyebab luka lama sembuh.

Kenapa luka lama sembuh. Beberapa kejadian yang mengakibatkan bagian tubuh terluka memang selalu tidak bisa cegah. Dan lagi dari sebagian terdapat luka yang membutuhkan waktu lama untuk sembuh dan penyababnya menurut dari jenis luka yang ada dapatkan seberapa dalam luka atau misalnya luka tertutup luka jenis seperti ini membutuhkan waktu penyembuhan cukup singkat dari pada luka dengan keadaan terbuka. Akan tetapi meskipun menerima luka cukup dalam dan terbuka jika di tangani dengan benar dan selalu menjaga kebersihannya akan membutuhkan waktu yang singkat untuk penyembuhannya.

penyebab luka lama sembuh
image by @danualdilah


Namun harus anda ketahui jika anda memiliki luka lama sembuh dalam kurun waktu 12 minggu hal itu sudah bisa di sebutkan sebagai luka yang sembuhnya lama, jenis luka ini biasa disebut dengan luka kronis, banyak faktor penyebab penyembhuna luka memakan waktu yang lama salah satunya seperti kekurangan nutrisi atau juga disebabkan oleh infeksi.

Masih banyak lagi penyebab luka sembuh, seperti di bawah ini.

12 penyebab luka lama sembuh ;

1. Faktor usia.

Memang tidak bisa di pungkiri bertambahnya usia bisa menjadi penyebab luka sembuh dengan waktu yang lama terutama dengan seseorang dengan usia lanjut.

Baca juga : 

Segala hal akan semakin melambat seiring dengan bertambahnya usia terutama tingkat penyembuhan buat luka, respon dari tubuh akan melambat untuk menujukkan tanda tanda peradangan dan juga kulit tubuh akan menjadi semakin tipis. 

Oleh karena itu jika anda memiliki keluarga yang sudah lanjut usia baiknya selalu menjaga agar terhindar dari hal-hal yang bisa mengakibatkan terjadinya luka. Jika hal sperti ini tidak bisa dicegah baiknya luka yang di terima di rawat dengan baik, selalu menjaga kebersih luka dan bungkus dengan kain kafan yang sudah di sterilkan.

2. Dampak dari kemoterapi.

Terdapat beberapa gejala kemoterapi yang bisa anda kenali misalnya seperti rasa mual dan muntah-muntah, rambut mulai rontok, mudah lelah dan mengalami memar beserta pendarahan. Efek dari kometerapi ini bisa mejadi penyebab menurunnya trombosit dan mulai menjadi dampak besar pembekuan darah, Oleh karena ini lah ketika anda memiliki luka akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk sembuh. 

Maka dari itu jika anda sedang menjalani kemoterapi baiknya selalu menjauhkan diri hal-hal yang bisa mengakibatkan luka. Terlebih lagi luka serius yang mebutuhkan waktu lama masa penyembuhanya membutuhkan perhatian extra yang paling penting harus di konsultasikan kepada dokter, anda akan di berikan pengarahan cara merawat luka agar tida semakin parah dan mendapatkan obat kusus.

3. Akibat Infeksi.

Infeksi merupakan penyebab yang paling sering terjadi lamanya luka sembuh. Di karenakan terdapat virus yang sangat aktif di daerah luka dan virus-virus ini bisa menyebabkan luka anda semakin parah seperti mengeluarkan cairan, bengkak atau pun rasa sakit yang kuat, satu hal lagi yaitu inveksi di bagian luka juga bisa menyebabkan demam.

hal yang harus anda lakukan adalah periksakan luka anda ke dokter meskipun cukup parah dokter akan memberikan resep kepada anda seperti antibiotik, salep dan memberi pengarahan cara mebersihkan luka sebelum mengaplikasikan salep ke luka.

4. Sirkulasi darah buruk.

Sirkulasi darah yang kurang lancar menjadi salah satu faktor luka mengalami masa penyembuhan yang cukup lama. Pasalnya darah akan mengantarkan oxigen sekaligus nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit yang digunakan sebagai menutup luka.

Jika sirkulasi darah anda mengalami gangguang hal ini lah penyebab kenapa luka anda sembuh cukup lama. Ada beberapa penyebab yang mengakitbatkan sirkulasi darah anda mengalami gangguan misalnya seperti menumpuknya kotoran pada sirkulasi darah atau juga karena menumpuknya cairan / Edema dan yang terakhir karena tekanan yang cukup tinggi pada bagian pembuluh darah.

Sebab itulah kenapa luka anda membutuhka waktu yang lama untuk sembuh.

5. Cedera berulang di satu titik.

Penyebab yang satu ini mungkin saja jarang terjadi akan tetapi bukan berarti tidak akan pernah terjadi.

Harus anda ketahui luka yang mengalami benturan berkali-kali ataupu gesekan misalnya seperti tanpa sadar anda garuk akan membuat luka semakin lama untuk sembuh.

Sebab inilah menahan rasa sakit dan gatal yangextra sangat dibutuhkan untuk sembuh dengan cepat.

6. Kurangnya nutrisi.

Di saat masa penyembuhan luka dibutuhkan nutrisi yang lebih banyak dibanding saat dalam kondisi prima, karena tubuh akan bekerja cukup aktif untuk memperbaiki sel-sel yang rusak. Sebab ini lah mengkonsumsi sumber ptoein yang lebih banyak sangat membantu untuk masa penyembuhan luka. Alternatifnya anda bisa mengkonsumsi sumber protein beserta  Vitamin C dan juga mineral.

Protein memilik peran sebagai untuk proses masa penyembuhan dan vitamin C beserta mineral memiliki peran memperbaiki sel yang rusak.

7. Rokok.

Merokok sudah seperti kebiasaan masyarakat di zaman ini. Bagi anda yang memiliki luka masih masa penyembuhan baiknya untuk menguranginya terlebih dahulu, pasalnya rokok memiliki kandungan nikotin sebagai mana mestinya nikotin mampu menggangu peredarah darah anda hal ini lah yang menjadi penyebab luka yang anda derita semakin lama untuk sembuh. Dikarenakan luka anda mendapat nutrisi yang sendikit akibat dari peredarah darah yang terganggu.

8. Mengkonsumsi obat-obatan tertentu.

Hal ini harus anda ketahui, meskipun obat memiliki sifat penyembuh namun sabgian obat karena ketidak cocokan bisa menjadi penyebab luka anda semakin lama untuk sembuh, misalnya obat seperti berikut ;

  • Antiinflamasi-nonsteroid.
  • Anti koagulan (Obat jenis ini mampu memperlambat pembekuan darah).
  • Kortikosteroid (Jenis obat satu mampu menekan sistem kekebalan pada tubuh).
  • Obat jenis kometerapi.

9. Meminum alkohol.

Pasalnya saat  menginginkan luka yang ada pada anda inging cepat sembuh diharuskan istirhat yang cukup dan mengkonsumsi berbagai nutrisi. Tau kah anda seseorang yang meminum alkohol bisanya akan mengalami dehidrasi yang mengakibatkan kekurangan energi. Namun luka anda memerlukan energi extra untuk menyembuh diri. Hal ini lah yang menjadi penyebab luka anda lama untuk sembuh.

Ada baiknya untuk tidak mengkonsumsi alkohol jika ingin luka anda lekas sembuh.

10. Istirahat yang cukup.

Anda pasti tidak mengetahui ketika anda tertidur lelap tubuh anda akan memproduksi macam-macam hormon yang bersifat untuk meningkatkan system kekebalan pada tubuh. Dengan istirahat atau tidur juga bisa menjadi jalan keluar agar luka anda sembuh dengan cepat.

11. Obesitas.

Apabila berat badan anda terbilang 20% jauh lebih tinggi dari berat ideal, hal ini bisa menjadi penyebab luka anda sembuh cukup lama dan juga beresiko luka anda akan terkena inveksi. Pasalnya penderita obesitas memiliki jaringan adiposa yang berlebihan atau kata lainnya deposit lemak/jaringan lemak. Hal ini lah yang menjadi penyebab aliraan darah anda mulai terganggu ketika aliran darah terganggu seluruh tubuh yang memerlukan oxigendan nutrisi tidak akan mendapat asupan optimal. Luka yang anda miliki pun memerlukan nutrisi yang cukup untuk menyembuhkan diri, akibat dari saluran darah yang terganggu nutrisi yang di perlukan pun akan terbatas dan mengakibatkan luka sembuh cukup lama.

12. Kondisi medis tertentu.

Ada beberapa gangguin medis yang mampu menghabat masa penyembuhan pada luka anda misalnya seperti gangguan pada pembuluh darah anda, diabetes melitus, anemia dan juga gangguan yang mempengaruhi kinerja dari sistem imun tubuh anda. Gangguan medis tersembut mampu mmemperlambat penyembuhan luka dikarenakan pembekuan dari selsel baru akan mulai terhambat dan juga menganggu pembekuan darah, dan terakhir mengacaukan kinerja penguatan jaringan yang dalam proses untuk memulihkan luka anda.

13. Tidak merasakan nyeri.

Tnda dari rasa nyeri sebenarnya berfungsi ibarat idikator dari penyebab luka ataupun terdapat rusaknya pada jaringan. Jika anda tidak bisa merasakan rasa nyeri hal ini secara tidak langsung jika anda sedang dalam terluka ataupun mengalami gejala sakit tertentu, dan juga akan membuat luka kering cukup lama karea susah untuk kering. 

Jika anda seseorang yang tidak bisa merasakan nyeri alahkan baiknya segera periksakan diri ke dokter jika mendapat luka tertentu.

14. Bengkak berlebihan.

bengkak pada bagian luka mungkin sudah biasa di alami untuk setiap orang. Namun apa anda tahu bengkak secara berlebihan pada areal luka bisa menganggu masa penyembuhan. Dikarenakan terdapat cairan yang terkumpul di areal pembengkakan dan cairan ini akan menghambat oxygen masuk ke dalam kulit. Hal ini lah yang menjadi penyebab luka anda sebuh cukup lama meski sudah di beri obat terntentu. Yang dibutuhkan ialah anda bisa melakukan metode kompres guna mengeluarkan cairan yang terkumpul pada areal bengkak. Ketika bengkak mulai mereda barulah lakukan pengobatan secara tepa.

Itulah daftar yang menjadi penyebab luka sembuh dengan lama. dan mungkin saja 2 atau 3 gejala bisa terjadi di dalam 1 kasus. Apabila luka anda tidak kungjung sembuh dalam waktu 4-5 minggu. segeralah periksakan ke dokter. Hal ini mungkin saja penyebabnya adalah komplikasi yang cukup serius.

Greyz
Greyz selamat datang di profile kami jika ada kritik dan saran silahkan cantumkan di kolom komentar, kami akan segera memberikan yg terbaik.

Post a Comment for "Ketahui penyebab luka lama sembuh"