Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
weize

Khasiat Mengkonsumsi Kulit Telur Untuk Tubuh

Khasiat mengkonsumsi kulit telur untuk tubuh


Telur sudah menjadi makanan pokok bagi setiap orang, jika kita telusuri bahkan di setiap rumah menyimpan telur untuk di konsumsi, dengan kandungan gizi yang terdapat di dalam telur sangat bagus untuk kesehatan, selain harga yang terjangkau, telur bisa di olah menjadi macam macam jenis makanan. Terlebih lagi telur menjadi bahan pokok untuk adonan kue agar memunculkan cita rasa yang cukup kuat.


Namun setiap isi telur sudah di keluarkan, orang orang akan langsung membuang cangkang telur atau kulit telur. Tidak banyak yang mengetahui jikalau kulit telurr memiliki berbagai macam kegunaan, bahkan bisa di gunakan sebagai obat herbal dengan cara mengonsumsinya.


manfaat cangkang telur
image by @tyasheningdian



Memang tidak bisa di pungkiri kulit telur yang terlihat halus namun jika ketika di belah tekstur akan berubah menjadi serpihan tajam, dengan tekstur tidak terlalu keras bak kaca. Pada dasarnya kulit telur memang tidak umum jika di konsumsi. Namun jika mengingat kandungan dan manfaat cangkang telur untuk kesehatan sangat bagus, mengonsumsi cangkang telur cukup menjad rekomendasi untuk kesehatan, karena kalsium yang terdapat pada kulit telur cukup tinggi, kandungan ini bagus untuk tulang, sendi maupun kulit.


Ada cara pengolahan sebelum ingin mengonsumsi kulit telur untuk kesehatan ini, yaitu menghaluskan kulit telur menjadi langkah awal, dan pastikan benar benar halus hingaa menyerupai bubuk tepung. Kandungan kalsium yang cukup tinggi pada kulit telur kerap di jadikan campuran pada produk produk kecantikan maupun supleman. Tidak sampai di situ saja masih ada beberapa manfaat kulit telur mari simak penjelasan di bawah.


Manfaat kulit telur untuk kesehatan

Mari simak manfaat cangkang telur untuk kesehatan tubuh manusia.


1. Mencukupi kebutuhan kalsium

Kulit telur biasanya dijadikan sebagai bahan pokok untuk supleman kalsium, karena pada dasaranya cangkang telur terbuat dari karbonat kalsium, kalsium yang masih memiliki bentuk.


Pada dasarnya tubuh orang dewasa memerlukan 1000mg kalsium untuk kebutuhan tubuh sehari hari, dan mengonsumsi setengah dari cangkang telur mampu mencukupi kebutuhan kalsium untuk tubuh sebanyak 40% atau setara dengan 300 hingga 400m kalsium.


2. Membantu penyembuhan infeksi pada kulit

Jika anda memiliki luka pada luar bagian kulit, kulit telur bisa menjadi alternatif sebagai pengobatan luka anda. Cukup dengan menghaluskan kulit telur dan mencapurkannya dengan air cuka, sari apel. Diamkan campuran ini dalam kurun waktu 1 hingga 2 jam, lalu oleskan pada luka anda.


3. Mengurangi terkena aestoporosis

Ketika tubuh seseorang mulai kekurangan kadar kalsium maka dampak yang paling terasa adalah pada tulang, tulang akan mulai melemah dan gampang patah, terutama jika mengalami benturan. 

Sebab itu mengonsumsi cangkang telur yang sudah di haluskan cukup efecktif untuk kesehatan tulang mengingat kadar kalsium yang dimiliki kulit telur cukup tinggi, dan jangan lupa untun di imbangi dengan mengonsumsi vitamin D3 agar mendapatkan hasil yang lebih optimal.


4. Bagus untuk kesehatan sendi

Saat kita membelah kulit telur, di dalamnya akan terlihat seperti plastik bening yang lengket, lapisan ini ternyata memiliki kadar protein cukup tinggi selain itu juga mengandung kolagen, dimana kandungan kolagen sangat di perlukan guna menjaga kesehatan pada sendi.


5. Bagus untuk menghilangkan jerawat

Menurut penelitian setelah membran kulit telur sudah di olah sedemikian rupa, ternyata olahan ini sangat berguna untuk memperlambat pertumbuhan bakteri gram negatif dan posoitif. Bakteri inilah yang memiliki peran penting untuk memunculkan jerawat pada kulit wajah kita. Oleh sebab itu kulit telur kerap di jadikan sebagai bahan dasar obat kecantikan.


6. Menstabilkan kelembapan kulit

Membran yang terdapat pada kulit telur memiliki peran penting dalam menjaga kelembapan pada kulit, kelembapan kulit yang stabil akan selalu menjaga kulit anda tetap sehat.


Itulah beberapa fakta menarik terkait manfaat kulit telur.


Mengonsumsi kulit telur ternyata memiliki khasiat yang sangat Bagus untuk tubuh, pada umumnya cangkang telur biasa kita lihat dipergunakan sebagai pupuk untuk menyuburkan pertumbuhan suatu tanaman, ataupun langsung di buang.


Seperti yang kita ketahui bahwa kulit telur memiliki tekstur keras dan cukup tajam, jika benda keras dan tajam masuk ke dalam tubuh kemungkinan besar bisa menyebabkan sesuatu yang merusak organ dalam, oleh sebeb itu anda harus memastikan kulit telur yang akan anda konsumsi sudah berbentuk bubuk secara menyeluruh.


Dan jangan lupa sebelum membersihkan kulit telur pastika kulit sudah dalam keadaan bersih, karena bakteri mampu menimbulkan tubuh anda keracunan.

Greyz
Greyz selamat datang di profile kami jika ada kritik dan saran silahkan cantumkan di kolom komentar, kami akan segera memberikan yg terbaik.

Post a Comment for "Khasiat Mengkonsumsi Kulit Telur Untuk Tubuh"