Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
weize

Khasiat Kandungan Gizi Pada Telur Asin

Khasiat kandungan gizi pada telur asin


Telur asin merupakan olahan telur bebek yang di permentasikan dengan cara merendam telur dengan air garam sekiranya sekitar 14 hari. Dikarenakan cangkang dari telur bebek memiliki sifat yang mampu menyerap garam secara meyeluruh sebab inilah di pasar sangat jarang terdapat telur asin menggunakan telur ayam.


Selain dari itu rasa dari telur bebek lebih sedap dari telur ayam dan protein yang terdapat pada telur bebek lebih tinggi dari telur ayam. Selain kaya akan manfaat telur asin juga di gemari oleh banyak kalangan, biasanya makanan sehat telur asin di konsumsi sebagai lauk ataupun biasa di olah sebagai olahan untuk jenis makanan lain.


kashiat mengnsumsi telur asin


Di lain sisi dari rasanya yang sangat gurih, ternyata telur asin juga kaya dengan vitamin, protein, mineral lain, mengonsumsi telur asin untuk kesehatan tubuh sangat bagus.


Telur asin biasa menggunakan telur bebek kususnya di indonesia, karena selain dari protein yang tinggi, dari segi ukuran telur bebek lebih besar dari telur ayam.


Kandungan telur bebek seperti ;

  • Lemak 9,6 grm
  • Protein 9 grm
  • Zat Besi 2.7 ml grm
  • Kolesterol 619 ml grm
  • Kalium 165 ml grm
  • Selenium 25,5 mkro grm
  • Karbohidrat 1.08 grm
  • Vitamin A 472 IU
  • Vitamin B1 2 3,8 mkr grm


Protein yang terkandung pada telur asin cukup tinggi namun yang jadi perhatian adalah kandungan lemak dan juga nutrisinya yang cukup tinggi. Mari simak berbagai manfaat untuk kesehatan dari telur asin.


Manfaat telur asin bagi kesehatan


1. Manfaat telur asin untuk ibu hamil dan janin

Ternyata kandungan kalsium yang cukup tinggi terdapat pada telur asin sangat bermanfaat menjaga kesehatan ibu hamil maupu kesehatan janin. Pasca masa kehamilan yang paling di butuhkan adalah kalsium untuk membantu tumbuh kembang anak seperti pertumbuhan tu;ang dan gigi pada janin.


Selain dari kalsium kandungan asam omega 3 “DHA” Dokosaheksanoat yang terkandung pada telur asin sangat berpengaruh untuk pertumbuhan atau erkembangan otak sang janin.


Namun yang perlu di perhatikan adalah kandungan natrium pada telur asin, kandungan natrum pada telur asin cukup tinggi, kandungan ini mampu menyebabkan hipertensi saat mengandung, hal ini bisa menganggu kesehatan ibu maupun sang janin. Baiknya kosultasika dulu ke dokter sebelum mengkonsumsi telur asin saat mengandung.


2. Bagus untuk regenarasi sel

Protein yang tedapat pada telur asin memiliki peran penting untuk membantu regenerasi sel sel rusak.

Mengonsumsi telur asin selain membantu regenerasi sel tubuh bekerja secara optimal juga mampu meningkatkan metabolisme tubuh.


3. Mencegah anemia

Telur asin memiliki kandunga zat bsi yang cukup tinggi, dimana zat besi sangat berpengaruh dalam pencegahan anemia seperti rasa pusing, mual, sakit kepala, hingga mudah merasa lelah.


4. Mengatasi darah tinggi

Salah satu kasiat mengonsumsi telur asin adalah mampu menurunkan tekanan darah tinggi, di sebabkan oleh kandungan nutrisi yang dimiliki telur asin, di mana kandungan nutrisi ini berperan penting dala menurunkan tekanan darah atau tetap menjaga tekanan darah secaral normal, hingga mampu mencegah serangan jangtung ataupun stroke.


Namun selalgu perhatikan agar mengkonsumsi telur asin dalam porsi yang tepat atau tidak secara berlbihan.


5. Menjaga kesehatan mata

Terdapat kandungan Vitamin A dan B pada Telur asin. Kandungan vitamin ini memiliki peran penting bagi kesehatan mata, dimana vitamin A dan B mampu menghalau dari kekeringa ada mata, mampu mencegah katarak, dan menghalau penyakit mata lainnya yang disebabkan oleh usia.


6. Menangkal radikal bebas

Siapa sangka ternyat telur asin memiliki kandungan antioksidan yang biasanya kandungan ini terdapat pada teh, apel maupun buah buahan lainnya. Antioksidan di percaya mampu menangkal radikal bebas, kandungan ini memiliki peran sebagai pencegah kanker dan menjaga tubuh tetap sehat.


7. Membantu melancarkan peredarah darah

Kandungan mineral dan juga nutrisi yang terdapat pada telur asin sangat penting untuk melancarkan peredarah darah di dalam tubuh, selain dari itu juga mampu mencegah menyempitnya pembuluh darah.


8. Menjaga kesehata otak

menjaga kesehatan dari sel sel pada otak sangat wajib untuk di jaga, terutama bagi anak yang masih berusia 3 tahun atupun ibu hamil. Kandungan omega 3 yang sangat penting untuk pertumbuhan sel sel otak.


9. Bermanfaat sistem kekebalan tubuh

Kandungan lainnya yang sangat di butuhkan oleh tubuh adalah selenium, dimana kandungan ini memiliki peran penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Untuk tetap menjaga sistem kekebalan tubuh tetap stabil di rekomendasikan mengonsumsi telur asin dalam porsi yang wajar.


10. Mencegah osteoporosis

Menjaga tulang tetap sehat guna menjauhkan dari aestoporisis adalah seuatu hal yang sangat wajib di terapkan. Ternyata kandungan kalsium dan fosfor sangat di butuhkan oleh tulang untuk mencegah aestoporosis. Kalsium zat penting yang dibutuhkan bagi tumbuh kembang tulang apada anak anak maupun remaja, 


11. Melengkapi nutrisi tubuh

Kandungan dari protein, lemak dan karbohidrat yang terdapat pada telur asin ternyata gabungan yang sangat bermanfaat bagi anak anak. 1 butir telur asin sudah mampu melengkapi 9 gram protein untuk tubuh dalam menjaga sistem kekebalan pada tubuh. Sedangkan telur bebek biasa megandung 9,6 grm lemak dan 1 gram karbohidrat.


Itulah beberapa manfaat mengonsumsi telur asin yang kaya akan protein dan lain lainnya. Meskipun memiliki kandungan yang sangat bagus, namun perlu di perhatikan bagi beberapa yang mengidap penyakit, sebelum mengkonsumsi telur asin untuk mencukupi kebutuhan tubuh, baiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter agar tidak menambah parah penyakit anda. Dan selalu perhatikan agar mengonsumsi telur asin dalam porsi yang wajar.

Greyz
Greyz selamat datang di profile kami jika ada kritik dan saran silahkan cantumkan di kolom komentar, kami akan segera memberikan yg terbaik.

Post a Comment for "Khasiat Kandungan Gizi Pada Telur Asin"